Discuss IT and Design a variety of tutorials and design it. let's read that are useful to you. thank you for visiting my humble blog

Budaya Plagiat, Sudah Berkembang. Dan Bahaya Plagiat Pada Blogger

Plagiat-Pengertian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pengambilan karangan (pendapat dsb) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dsb) sendiri, msl menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan.
Pelaku Plagiat disebut juga Plagiator.
Bahaya Plagiat adalah hilangnya kreatifitas kita dalam suatu hal, selain itu juga dapat dipipdana.
Jadi sebagai Blogger kita tidak boleh Plagiat, contoh plagiat di blog yang sering adalah


  • Meniru Desain
    Seperti yang biasa kita lihat banyak blog-blog berlomba-lomba mendesain blognya agar terlihat indah dan rapih, dan agar pengunjung betah di blog kita. Tapi, apa jadinya kalau desain blog kita ditiru.
    ya otomatis, akan sama tidak terlihat siapa yang menjiplak dan siapa yang dijiplak. karena si penjiplak mengatasnamakan dirinya sebagai pembuat.
  • Memakai Template menghilangkan Credit 
    Jika kita menggunakan template bukan buatan sendiri, maka kita harus menghargai pembuatnya. Jangan kita menghapus Creditnya. Kalaupun kita boleh menghapusnya jika tempalte itu sudah beda sekali dengan yang aslinya. Tapi menurut saya walaupun sangat beda sekalipun, kita harus tetap mencantumkan Creditnya di Footer, karena memang asal mulanya ya template itu.
  • Meniru Blog
    Jika kita mempunyai teman ataupun melihat blog orang lain, kadang kita merasa iri. Karena misal kok Visitornya banyak sekali sih, kenapa ya. Maka di Otak kita akan muncul seklumat ide untuk menirunya. Padahal menurut kata pepatah, Kita itu bisa di Atas dan bisa saja di Bawah. Maka, kitapun harus berusaha/berjuang untuk mendongkrak blog kita agar ramai pengunjung. Bukan hanya, kita bisa meniru dan meniru untuk hal yang diimpikan.
  • Mengcopas Artikel mengatasnamakan dirinya yang membuat.
    mengcopas artikel itu boleh saja selama kita masih membawa sumbernya, hal itupun membuat geram. bahkan ada pemilik blog untuk melarang Klik Kanan sampai-sampai kita tidak bisa memblok tulisan tersebut. hal itu dikarenakan pemilik blog tidak ingin Artikel yang ditulis susah payah hanya di copas.
Dan tentunya, si pemilik asli pun akan geram, karena dijiplak. Yang membuat geram adalah Karyanya diakui oleh orang lain/mengatas namakan dirinya yang membuat.
Sekarang, Plagiator harus berhati-hati jika mengcopas. karena setiap Blog yang ada Logo DMCAnya maka blog tersebut telah dilindungi. Dan jika kita mengcopasnya, Blog Plagiator dimata Google akan amblas.
Diblog inipun sejak dari dulu sudah saya pasang Proteksi DMCA.

DMCA.com

Bukan hanya artikel dan teksnya saja, desain, kode gambar bahkan video pun telah terproteksi oleh DMCA. kita bisa lihat di pernyatan DMCA Bisa Dilihat DISINI  Atau 
bisa langsung lihat Screen Shotnya dibawah ini :


Klik untuk melihat gambar Asli

Saya membuat postingan ini karena saya melihat lambat-laun Budaya Plagiat semakin merajalela, nanti bagaimana masa depan bangsa indonesia sendiri jika masyarakatnya hanya bisa menjiplak dan menjiplak.
Bagaimana pula jika kita membuat mobil karena biasa menjiplak maka kitapun hanya bisa meniru. Kita tidak bisa mengeluarkan ide dan kreatifitas sendiri karena terbiasa menjiplak.
Untuk itu saya berharap untuk saya dan semuanya kita harus meninggalkan budaya menjiplak/Plagiat. Bisa dimulai dengan langkah kecil seperti menghargai karya orang lain, dll

Terima Kasih


official : esbp-sbp
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Ismail Maha Putra. Powered by Blogger.
twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
SEO Reports for kendariit.blogspot.com

Followers

Blog Archive

Poll

Facebook Page Like

Translate

Get ThisWidget
Blogger Widgets

submit your site

http://smallseotools.com/google-pagerank-checker

Sonicrun

Google Search

Popular Posts

Tutorials, IT and Design

Blog Archive

Recent Posts

About Metro