Discuss IT and Design a variety of tutorials and design it. let's read that are useful to you. thank you for visiting my humble blog

KONEKSI KE POSTGRESQL MELALUI PHP

KONEKSI KE POSTGRESQL MELALUI PHP

Dalam aplikasi web, untuk autentikasi ke dalam sistem database dapat menggunakan antarmuka berbagai aplikasi atau program seperti CGI maupun server API. Apache Web Server dapat berinter-aksi dengan system database dengan menggunakan modul seperti php, jsp maupun CGI dan dapat digunalan untuk menghubungkan klien dengan server database. Program CGI, script php atau jsp dapat berisi nama user dan password untuk autientikasi ke database server. Pada bab postingan ini akan saya bahas mengenai koneksi ke PostgreSQL melaluli PHP.

PHP telah memiliki fungsi yang lengkap untuk berinteraksi dengan PostgreSQL, informasi yang lengkap mengenai fungsi ini dapat dilihat pada situs  http://www.php.net/manual/ref.pgsql.php.
Pada postingan ini hanya akan ditinjau sekilas mengenai bagaimana PHP berhubungan dengan PostregSQL. Sebuah contoh script php sederhana untuk melakukan koneksi ke PostregSQL adalah sebagai berikut:

1 Koneksi ke PostregSQL
Sebelum dapat berinteraksi dengan PostregSQL, pertama-tama yang perlu dilakukan adalah membuka koneksi dengan PostregSQL. Setiap koneksi direprentasikan dengan sebuah variable. Pada contoh di atas adalah “dbkoneksi”. PHP dapat membuat multiple koneksi yan masing-masing mempunyai koneksi dengan PostregSQL. Contoh funsgi ini adalah sebagai berikut:

Penggunaan variable PHP dapat digunakan untuk membuka database, seperti berikut :

Opsi-opsi dalam fungsi pg_connect tertampil pada table 1
Table 1: Opsi-opsi fungsi pg_connect
Opsi
Dbname     = nama database yang akan dihubungi
User       = nama user yang digunakan untuk melakukan koneksi
Password   = password yang digunakan untuk melakukan koneksi
Host       = nama host server yang menyediakan PostregSQL
Hostaddr   = alamat IP dari server yang menyediakan PostregSQL
Port       = port TCP yang dibuka server

Jika koneksi yang dilakukan berhasil maka fungsi pg_connect akan memberikan nilai true sehingga apakah koneksi berhasi atau tidak akan dapat dideteksi. Script PHP berikut merupakan contoh untuk medeteksi sesuatu koneksi.

2 Informasi koneksi ke PostregSQL
Setelah terjadi koneksi maka akan dapat dilihat informasi dari koneksi yang telah dibangun. Informasi yang diperoleh dapat berupa nama database, nama host dan port yang digunakan server. Script PHP berikut dapat melihat informasi setelah koneksi terjadi:

3 Pemutusan Koneksi ke PostregSQL
Fungsi pg_close() merupakan fungsi PHP yang digunakan untuk memutuskan funngsi ke PostregSQL, seperti contoh berikut:


Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Ismail Maha Putra. Powered by Blogger.
twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
SEO Reports for kendariit.blogspot.com

Followers

Blog Archive

Poll

Facebook Page Like

Translate

Get ThisWidget
Blogger Widgets

submit your site

http://smallseotools.com/google-pagerank-checker

Sonicrun

Google Search

Popular Posts

Tutorials, IT and Design

Recent Posts

About Metro