Discuss IT and Design a variety of tutorials and design it. let's read that are useful to you. thank you for visiting my humble blog

Deploy Website PHP ke AppHarbor

Ini merupakan postingan pertama saya di tahun 2013. Disela-sela kesibukan untuk membuat dapur tetap ber-”asap”  , saya sempatkan untuk menulis artikel ini. Sekaligus saya mengucapkan terima kasih kepada komunitas CloudIndonesiA karena sudah diberikan kepercayaan sebagai CloudIndonesiA Technology Evangelist dengan spesialisasi AppHarbor. Kedepannya saya tidak hanya menulis seputar AppHarbor namun juga menulis mengenai penggunaan Continuous Integration (CI) di .NET Framework environment. Karena saya tertarik seputar CI dan cloud tools yang membantu development aplikasi menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah TFS on Cloud. Ditunggu saja artikel-artikel berikutnya.



PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Terutama para web developer menyukai PHP karena “kemudahannya” dan banyak juga hosting yang menyediakan support  bagi website yang menggunakan PHP. Sejak direlease oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 hingga kini PHP menjadi salah satu bahasa yang laris manis  , apalagi di kalangan web developer yang mengembangkan aplikasi wordpress, joomla, drupal, dll. Apakah kamu salah satunya yang sering menggunakan PHP.

Apakah kita bisa mendeploy PHP website ke AppHarbor?
Ya, kita bisa mendeploy PHP ke AppHarbor. Hanya saja, ada hal yang perlu dilakukan agar aplikasi PHP kita dapat berjalan di sana, yaitu sebagaimana dijelaskan dibawah ini:

Persiapan dan Cloning Source Code
Kita buat terlebih dahulu aplikasi di AppHarbor, saya sudah membuat aplikasi AppHarbor dengan nama phptest. Kamu buat dengan application name yang lain. Kalau kamu belum tahu caranya membuat aplikasi di AppHarbor, silakan baca tautan ini.
Pastikan kamu sudah menginstall msysgit.
Source code repository menggunakan bawaan AppHarbor. Tahap berikutnya adalah melakukan cloning source code.
Cloning source:
Buka aplikasi Git-Bash
Jalankan perintah berikut:
$ cd /c/Tmp
$ git clone https://github.com/tonidy/phpTestForAppHarbor.git

Deploy ke AppHarbor
Masih di dalam aplikasi Git-Bash. Jalankan perintah berikut:

## [UPDATED]Ganti USER_NAME & REPOSITORY_NAME pada URL AppHarbor repository di bawah ini:
$ git remote add origin https://[USER_NAME]@appharbor.com/[REPOSITORY_NAME}.git
## Contoh URL AppHarbor repo yang saya pakai = https://tonidermawan@appharbor.com/phptest.git
$ git push origin master

Voila, aplikasi PHP kita sudah berhasil di-deploy, silakan lihat aplikasinya di http://phptest.apphb.com. Selamat mencoba  . Jika kamu melihat pada file web.config, di sana terdapat Phalanger di dalam tag handlers. AppHarbor menggunakan PHP Phalanger untuk menangani request file PHP. Kalau ada waktu, coba baca-baca mengenai Phalanger yang merupakan PHP Compiler for .NET.


Oleh : Toni Dermawan
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Ismail Maha Putra. Powered by Blogger.
twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
SEO Reports for kendariit.blogspot.com

Followers

Blog Archive

Poll

Facebook Page Like

Translate

Get ThisWidget
Blogger Widgets

submit your site

http://smallseotools.com/google-pagerank-checker

Sonicrun

Google Search

Popular Posts

Tutorials, IT and Design

Recent Posts

About Metro